Mengenal Instance Name SQL Server dan Connection String VBNET | DASAR PROGRAMER

Mengenal Instance Name SQL Server dan Connection String VBNET

Apa itu Instance Name? adalah indentitas suatu database engine yang terinstal di komputer. Jadi jika anda instal MS.Sql Server lebih dari satu dalam sebuah komputer maka Instance Name lah yang akan menjadi pembeda antara sql server 1 dan yang lainnya. Misal anda instal sql server 2000, 2005, 2008, 2012 dalam satu komputer itu bisa dilakukan, atau instal sql server 2008 sebanyak 3 kali dalam satu komputer itu juga bisa. Nah Instance Name ini di seting saat instalasi sql server, jadi jangan asal "next, next" saja saat instalasinya. Lalu bagaimana cara koneksi ke sql server dari Visual Basic dengan kondisi diatas? caranya dengan menyebutkan Instance Name setelah "server Name/IP Address" pada Connection String nya, Contoh :

Dim con_string As String = "Data Source=192.168.1.2\sql2008;User Id=sa;Password=djiesoft;Initial Catalog=MyDB"
'atau
Dim con_string As String = "Data Source=192.168.1.2\sqlexpress;User Id=sa;Password=djiesoft;Initial Catalog=MyDB"
Dim myCon As NewSqlClient.SqlConnection(con_string)
'Contoh lain:
Dim con_string As String = "Data Source=192.168.1.2;User Id=sa;Password=djiesoft;Initial Catalog=MyDB"

Jika kita tidak memasukan Instance Name maka kemungkinannya akan Error :
"A network-related or instance-specific error occurred while establishing a connection to SQL Server. The server was not found or was not accessible. Verify that the instance name is correct and that SQL Server is configured to allow remote connections. (provider: SQL Network Interfaces, error: 26 - Error Locating Server/Instance Specified)"

Tapi jika di komputer anda hanya terinstal satu sql server saja, maka anda tidak usah menyebutkan Instance Name nya. Anda juga bisa menggunakan satu Management Studio untuk koneksi ke banyak database engine :
Tags:
How to Get Instance Name from T-SQL, How to find instance name, MS SQL Server Instance Name, How to Find Your SQL Server Instances (Server Name) , Find Name of The SQL Server Instance, Finding the Instance Name from Task Manager, How to change SQL Server Instance Name, Instance name adalah, pengertian Instance name, Instance name dan vbnet
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar