Tutorial Create Setup Installer/MSI Using Setup&Deployment/Visual Studio Installer (VBNET,C#,VC++,DLL) | DASAR PROGRAMER

Tutorial Create Setup Installer/MSI Using Setup&Deployment/Visual Studio Installer (VBNET,C#,VC++,DLL)

Sebelumnya saya sudah pernah memposting tentang create setup installer menggunakan : Inno Setup, Paquet Builder, Package & Deployment Wizard, Install Shield dan Visual Studio 6 Installer. Nah kali ini saya akan membahas bagaimana create setup installer menggunakan Visual Studio 2008/2010 Installer. Fitur ini merupakan bagian dari Visual Studio Versi 2010 kebawah, sedangkan mulai Versi 2012 fitur ini sudah dihilangkan (diganti dengan Install Shield LE). Menurut saya menggunakan Visual Studio 2008/2010 Installer ini adalah pilihan yang paling aman, praktis/mudah dan customize, terutama untuk apliksi2 yang dibangun dengan Visual Studio (VBNET,C#,VC++). Baiklah Kita Mulai :

Buka Visual Studio anda, Create New Project, Pilih Other Project Types -> Setup & Deployment (VS2008) atau Visual Studio Installer (VS2010).

Setelah IDE terbuka, pertama anda dapat customize title, author, description, version dan lain lain.
Setidaknya ada 5 hal yang harus difahami : File System,Registry, File Type, User Interface dan Custom Actions Editor.

1. File System Editor
Disini anda add File EXE (aplikasi utama) dan file file dependency nya (OCX, DLL, Readme.TXT, icons dan sebagainya). Jika anda menggunakan databse standalone (Ms.Access atau SQLite, dll) anda juga harus sertakan disini. Anda juga dapat membuat custom folder.
Selain itu anda juga dapat membuat shortcut di desktop dan start menu program, seperti gambar dibawah ini :

2. Registry Editor
Disini anda dapat membuat nilai/value di registry. Misal aplikasi anda menyimpan setting default di registry yang harus ada sebelum aplikasi dijalankan.

3. File Type
Disini anda dapat membuat file type sendiri, contoh *.djie. Jadi jika nanti di windows explorer ada file dengan extensi *.djie maka jika di doubleclick akan langsung meanggil aplikasi anda. Contoh lain (*.docx = Open Ms.Office Word, *.rar = Open Winrar)

4. User Interface
Disini anda dapat customize tampilan installer, dari mulai gambar banner, text title, text license dan lain lain

5. Custom Actions Editor
Disini anda dapat menambahkan File Exe, File Bat atau setup lain, maksudnya jika anda ingin menginstal aplikasi/software pendukung (seperti ODBC, Setup Database, dan lain lain) yang dibutuhkan oleh aplikasi utama, Installer Setup/File2 exe tersebut akan muncul saat installer yang anda buat ini berjalan (biasa nya di progress 90% / mendekati Finish). Contoh sederhananya saat anda menginstal game, kan sering ada muncul instalasi DirectX, atau browser toolbar dan lain lain.

Setelah semua selesai, tinggal BUILD project Setup-nya
Dan hasilnya akan tersimpan seperti dibasa di folder \DEBUG

Tags:
cara membuat setup vbnet, cara membuat setup msi dari visual studio, how to create setup , visual studio setup installer full version, download software untuk membuat setup, setup exe, setup msi, langkah langkah membuat setup visual basic, cara tahapan membuat setup program, cara mudah membuat setup vbnet, cara mengetahui dependency file, membuat project installer

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar