Membuat Simple Splash Screen With ProgressBar VBNET | DASAR PROGRAMER

Membuat Simple Splash Screen With ProgressBar VBNET

Mungkin anda pernah membuat SplashScreen pada aplikasi anda. Biasanya menggunakan Effect Fade In Face Out agar terlihat "KEREN" dan ditambah label/tulisan seperti : Preparing Application..., Loading Data... dan lain sebagainya walaupun sebenarnya bohong bohongan (tidak Preparing Application atau Loading Data tapi hanya tulisan/label saja dengan menggunakan TIMER). Tetapi sebenarnya seberapa penting SplashScreen ini? sebenarnya ini adalah optional (boleh ada boleh tidak), tapi untuk Aplikasi2 kelas dunia hampir selalu menggunakan SplashScreen saat startup-nya, dan biasanya selama SplashScreen itu muncul (1 - 15 detik) disana benar2 mempersiapkan semua yang dibutukan aplikasi. Saya sudah membuat contoh SplashScreen sederhana dimana pada saat yang bersamaan melakukan pengecekan database, table2, file2 dan sebagainya.
Jika Ada table2 atau file2 yang tidak terbaca maka akan memunculkan pesan error dan aplikasi akan close (tidak akan jalan), kita asumsikan table2 atau file2 yang tidak terbaca itu hilang/terhapus baik secara sengaja ataupun tidak (oleh virus misalnya).
Selain itu SplashScreen juga berfungsi untuk menunjukan identitas suatu aplikasi karena biasanya SplashScreen itu identik dengan gambar2 atau text2 tertentu (gambar/logo perusahaan, nama/merk aplikasi, version dan lain lain)

Tags:
cara membuat SplashScreen vbnet, effect SplashScreen, fungsi SplashScreen, definisi SplashScreen
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar