Mengenal Fungsi Solution Explorer Visual Studio/VBNET | DASAR PROGRAMER

Mengenal Fungsi Solution Explorer Visual Studio/VBNET

Bagi yang pertama/baru belajar Visual Studio/VBNET, saya akan berikan penjelasan tentang "Solution Explorer". Fungsinya adalah untuk manajemen file dan folder serta reference project anda. Jika solution explorer ini ke-close anda bisa menampilkannya kembali dengan cara klik menu View->Solution Explorer (CTRL+ALT+L).

Disini anda bisa create/delete/paste file dan folder, sehingga project anda akan lebih rapi/tersusun. Untuk menampilkan semua file dan folder anda bisa tekan icon seperti gambar no.2 diatas. Selanjutnya apa fungsi lain dari Solution Explorer ini ?
Anda juga dapa dengan mudah untuk add dan remove reference dari sini, selain itu juga anda bisa langsung buka folder tertentu ke windows explorer sehingga lebih cepat untuk membuka File.EXE dalam folder debug misalnya (folder yang pasti sering dibuka).
Anda juga bisa dengan mudah untuk Exclude (mengeluarkan file/folder dari project) dan Include (memasukan/mendaftarkan file atau folder di project). Dan banyak lagi fungsi yang lainny aseperti membuat class diagram, resource, switch code & design, dan lain lain.

Tags:
tips dan trik vbnet, apaitu solution explorer, jendela solution explorer dan fungsinya, mengenal environment visual studio vbnet
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar