Cara Membuat Blog Gratis di Blogger untuk Pemula | DASAR PROGRAMER

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger untuk Pemula

cara+membuat+blog

Cara Membuat Blog sebenarnya bisa melalui banyak cara, atau tepatnya ada banyak situs yang akan memfasilitasi kita yang ingin buat blog sendiri. Namun tiap-tiap situs (platform lebih tepatnya) memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, pasarnya pun juga berbeda-beda. Contoh :

  • Mywapblog : Fokus untuk pembuatan blog di Mobile
  • Blogger : Fokus menyediakan blog untuk pengguna PC
  • Wordpress : Fokus pada memfasilitasi pengguna yang ingin membuat catatan pribadi

Jujur saya sendiri jika harus memilih diantara ketiga platform tersebut, tentu akan memilih Mywapblog dan Blogger. Bukan tanpa alasa, tapi karen memang kedua situs tersebut memiliki kekuatan SEO dan jumlah pengguna yang banyak, jadi mudah untuk berkomunikasi.

Kembali ke topik mengenai Cara Membuat Blog. Disini saya tidak akan menjelaskan Cara Membuat Blog dari ketiga situs tersebut (terlalu banyak) melainkan, sesuai judul diatas, saya hanya akan menjelaskan bagaimana Cara Membuat Blog Gratis di Blogger, jadi untuk Anda yang ini buat blog di Mywapblog dan Wordpress mohon maaf untuk sekarang saya belum bisa menyediakan artikelnya.

Oke, sekarang saatny kita masuk pada pembahasan inti tentang cara membuat blog di Blogger.


Persiapan Buat Blog


Langkah awal adalah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan jika kita ingin bikin blog di situs Blogger. Dan persyaratannya adalah sebagai berikut :

  • Gmail ( Email dari Google )
  • Komputer ( bisa PC Desktop atau PC Laptop )
  • Koneksi Internet

Setelah ketiga syarat tersebut terpenuhi, kita saatnya kita membuat blog.


Cara Membuat Blog


Membuat blog di Blogger sejujurnya tidak akan memakan waktu yang lama, berdasarkan pengalaman, hanya butuh waktu kurang dari 3 menit blog dari blogger sudah selesai saya buat. Dan mungkin Anda bisa lebih cepat, karena disini saya akan memandu Anda dari awal sampai akhir (blog jadi).

  1. Silahkan kunjungi blogger.com

    Cara Membuat Blog Gratis gambar 1

    Masukkan alamat dan password gmail Anda, lalu klik Sign In.

  2. Klik new blog atau buat blog

    Cara Membuat Blog Gratis gambar 2

    Tombol 'new blog' atau 'buat blog' ada di sebelah pojok kanan atas, perhatikan screenshot diatas agar lebih jelas.

  3. Isikan nama dan alamat blog

    Cara Membuat Blog Gratis gambar 3

    Pada bagian title atau judul, isikan Nama Blog, sementara pada kolom addreass isikan alamat blog yang nantinya digunakan pengunjung untuk mengakses blog Anda. Dan pastikan sampai ada gambar centang, lalu Klik create blog.

Sampai sini kita sudah berhasil membuat blog tapi kurang afdol jika buat blog tanpa buat artikel, oke kita lanjutkan cara membuat artikel di blog


Cara Membuat Artikel di Blog


Buat artikel di blog, jujur saja caranya sangat mudah, karena kita hanya perlu menuliskan Judul dan Isi dari artikel tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda perhatikan langkah-langkah membuat artikel blog di bawah ini.

  1. Klik start posting

    Cara Membuat Artikel di Blog 1

    Alternatif lain adalah dengan cara klik icon yang berbentuk pensil, letaknya ada di sebelah nama Blog. Keduanya sama saja.

  2. Masukkan judul dan isi artikel

    Cara Membuat Artikel di Blog 2

    Buat judul semenarik mungkin, tapi jangan sampai terlalu hiperbola, karena hal tersebut justru akan membuat pengunjung merasa ditipu. Setelah selesai mengisi judul dan isi artikel, selanjutnya tinggal Anda klik Publish atau Terbitkan.

  3. Cek Artikel dengan cara klik View atau Lihat

    Cara Membuat Artikel di Blog 3

    Setelah klik tombol view atau lihat, nanti Anda akan diarahkan ke artikel yang baru saja Anda buat.

Dan dibawah ini adalah penampakan dari blog yang baru saja saya buat. Masih tampilan standar, karena memang disini kita hanya membuat blog dan bukan mendesain blog.

Hasil Akhir cara membuat blog

Cara buat blog sudah, Cara buat artikel di blog juga sudah, selesai sudah tugas saya. Semoga artikel singkat tentang Cara Membuat Blog Gratis di Blogger untuk Pemula ini bisa bermanfaat untuk yang ingin membuat blog baru di Blogger.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar