Mengatasi Error VB.NET Dengan Error Handler (Try Catch, On Error Resume Next dan On Error GoTo) | DASAR PROGRAMER

Mengatasi Error VB.NET Dengan Error Handler (Try Catch, On Error Resume Next dan On Error GoTo)

Ini merupakan kelanjutan dari postingan saya tentang Error Handler di VB6, sekarang saya akan share cara menggunakan error handler di visual studio (VB.NET dan C#). Untuk penggunaan On Error Resume Next dan On Error GoTo di VB.NET sama dengan di VB6, jadi tidak akan saya jelaskan lagi. Hanya ada satu Error Handler yang baru di VB.NET yang akan saya coba jelaskan yaitu yang disebut dengan Try Catch, fungsi ini hampir sama dengan On Error GoTo. Saya akan mengambil contoh kasus yang sama dengan yang daluhu yaitu perhitungan pembagian dua bilangan. Contohnya seperti dibawah ini :
    Function hitung_pembagian(ByValbil1 As Integer, ByVal bil2 As Integer)
        Dim hasil As Integer = 0
        hasil = bil1 / bil2
        MsgBox(hasil)
    End Function
Jika anda panggiil fungsi itu dengan parameter 20 dan 0 maka akan error result over flow (jika di vb6 adalah error divided by zero)
Sekarang anda coba sisipkan fungsi Try Catch seperti dibawah ini, Hampir sama bukan On Error GoTo ?, yang berwarna merah adalah pola yang harus diingat untuk membuat statement Try Catch.

    Function hitung_pembagian(ByValbil1 As Integer, ByVal bil2 As Integer)
        Try
            Dim hasil As Integer = 0
            hasil = bil1 / bil2
            MsgBox(hasil)
        Catch ex As Exception
            MsgBox(ex.Message, vbOKOnly, "Test Error Handler")
        End Try
    End Function
Sama halnya dengan konsep On Error GoTo yang sudah saya jelaskan sebelumnya, anda dapat menambahkan Select Case atau validasi lainnya setelah Catch ex As Exception sehingga anda dapat memanipulasi sendiri terhadap error yang terjadi  Jadi jangan takut lagi dengan error, semoga atikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Tags :
contoh error handle/handling vbnet,c#,visual studio, cara menggunakan error handler/handling  vbnet,c#,visual studio, contoh menggunaan on error goto, cara menggunakan on error resume next, contoh penanganan error di  vbnet,c#,visual studio, daftar error number vbnet,c#,visual studio, cara menggunakan try catch

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar