IIS+ASP.NET VS APACHE+PHP | DASAR PROGRAMER

IIS+ASP.NET VS APACHE+PHP

Sesuai dengan judul diatas, mana yang lebih baik dan cocok untuk kita jadikan pilihan programming berbasis web? saya akan sedikit berikan perbandingan :
1. IIS+ASP.NET
- Lisensi (Gratis tapi berbayar), bingung kan ? ASP.NET nya sih free, tapi software untuk develop-nya kan visual studio, jadi ya berbayar juga (secara tidak langsung)
- Hanya akan RUN WELL (berjalan baik) di IE (Internet Explorer) khususnya untuk ASP.NET yang masih menggunakan komponen ActiveX seperti Crystal Report, dll.
- ASP.NET hanya bisa RUN dengan IIS, jika ingin RUN dengan Apache harus menggunakan bantuan MONO (Detail lihat disini)
- Untuk yang sudah biasa coding C# atau VBNET akan sangat mudah dan cepat membangun website dengan ASP.NET (ASP.NET bisa di-cosing dengan C#/VBNET)
- Pengembangan Advanced Web ASP.NET-nya bisa ke arah Silverlight (Bisa menggunakan Ms.Blend). Silverlight adalah saingan-nya Adobe Flash.
- ASP.NET bisa di integrasikan dengan bahasa XAML, HTML, Java Script, CSS, JQuery,dll.
- komponen luar untuk mempercantik tampilan web cukup banyak : devexpress, obout, dll

2. APACHE+PHP
- License Free/open source/GPU, dan software untuk build up web app nya juga banyak yang free kcuali kamu menggunakan software sekelas AdobeDreamWeaver.
- Run WELL hampir di semua web Browser
- PHP bisa run dan IIS dengan beberapa syarat (lihat disini)
- Bahasa pemrograman tentu jauh berbeda dengan C#/VBNET, tapi sekarang banyak Framework seperti CI, YII, CakePHP, dll yang akan membuat kamu super mudah dan cepat dalam membuat website.
- PHP bisa di integrasikan dengan bahasa HTML, Java Script, CSS, JQuery, dll.
- komponen luar untuk mempercantik tampilan web cukup banyak : jquery ui, php grid, dll

Itulah gambaran singkat dari saya, pilihan ada di tanganmu. Terimakasih.

Tags:
php versus asp, iis versus apache, php better than asp, 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar