Contoh Cara Penggunaan String.Format di VBNET | DASAR PROGRAMER

Contoh Cara Penggunaan String.Format di VBNET

Terkadang kita malas menulis coding yang berhubungan dengan SQL Query, misalnya saat menulis sintak simpan data yang harus menggabungkan antara string dan object dengan tanda + atau & seperti contoh dibawah ini. Cukup sedikit membosankan bukan ? apalagi jika objectnya banyak.

'Cara Lama/Classic
Dim sql As String = ""
sql = "INSERT INTO TBL_TEST VALUES ('" + TextBox1.Text + "','" + TextBox2.Text + "','" + TextBox3.Text + "','" + TextBox4.Text + "','" + TextBox5.Text + "','" + TextBox6.Text + "','" + TextBox7.Text + "','" + TextBox8.Text + "','" + TextBox9.Text + "','" + TextBox10.Text + "')"

Tapi dengan menggunakan VBNET anda akan dipermudah dengan adanya fungsi String.Format, contoh penggunaannya sebagai berikut :
'Cara Baru Dengan Menggunakan Fungsi String.Format
Dim sql As String = ""
sql = String.Format("INSERT INTO TBL_TEST VALUES ('{0}','{1}','{2}','{3}','{4}','{5}','{6}','{7}','{8}','{9}')", _
TextBox1.Text, TextBox1.Text, TextBox1.Text, TextBox1.Text, TextBox1.Text, TextBox1.Text, TextBox1.Text, TextBox1.Text, TextBox1.Text, TextBox1.Text)
Artinya {0}{1} dan seterusnya akan diisi dengan ParamArray disampingnya yaitu TextBox1.Text, TextBox1.Text dan seterusnya sesuai dengan urutan. Bagaimana lebih teratur dan mudah bukan ? Tidak hanya sampai disitu, anda juga dapat menerapkan ini pada kasus yang lain seperti messagebox multi line, contoh :

'Cara Lama/Classic
Dim pesan As String = ""
pesan = "Nilai 1 =" + TextBox1.Text + " " + vbNewLine + "Nilai 2=" +  TextBox2.Text + " " + vbNewLine + "Nilai 3 = "+ TextBox3.Text
MessageBox.Show(pesan, "djiesoft Message", MessageBoxButtons.OK)

'Cara Baru Dengan Menggunakan Fungsi String.Format
Dim pesan As String = ""
pesan = String.Format("Nilai 1={0} {1} Nilai 2={2} {1} Nilai 3={3} {1}", _
        TextBox1.Text, vbNewLine, TextBox2.Text, TextBox3.Text)
MessageBox.Show(pesan, "djiesoft Message", MessageBoxButtons.OK)

Artinya {0}=TextBox1.Text, {1}=vbNewLine, {2}=TextBox2.Text,  {3}=TextBox3.Text
Karena {1} dipanggil 3x maka vbNewLine (garis baru) pun akan diterapkan 3x pula
sehingga hasilnya seperti ini :
Dengan seperti ini anda akan lebih menghemat waktu dan tenaga saat menulis sintak/coding, semoga bermanfaat apa yang saya tulis ini. Salam Programmer !

Tags:
cara menggunakan string format, format string vbnet, tutorial vbnet, dasar dasar vbnet, contoh sintak vbnet, cara menyingkat sintak sql

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar