Cara Cepat Membuat/Menulis SQL Query Pada Sintak/Coding VBNET | DASAR PROGRAMER

Cara Cepat Membuat/Menulis SQL Query Pada Sintak/Coding VBNET

Untuk menampilkan data ke dalam datagridview/listview/combobox atau menginginkan data yang di-double click dari grid tampil ke textbox, biasanya anda menulis sintak sql query-nya di coding dan menyimpannya dalam variable, contoh saya punya query yang cukup panjang seperti dibawah ini:

Dim v_sql As String
v_sql = "SELECT A.kd_cab, D.cabang, A.user_id, "+ _
"A.user_name, A.dept_id, B.dept_name, A.jabatan_id, " +_
"C.jabatan_name, A.descr" + _
"FROM dbo.MS_USER AS A INNER JOIN dbo.MS_DEPARTEMEN " + _
"AS B ON A.dept_id = B.dept_id INNER JOIN dbo.MS_JABATAN " + _
"AS C ON A.jabatan_id = C.jabatan_id AND B.dept_id = C.dept_id " + _
"INNER Join dbo.im_branch AS D ON A.kd_cab = D.kd_cab" +_
"WHERE (A.kd_cab = '" + TxtCabang.Text + "') AND " + _
"(A.dept_id = '" + TxtDepartemen.Text +"') AND " + _
"(A.rec_status = 1)"

Yang membuat lama adalah melakukan formating-nya kan? anda harus menambahkan kutip dua (") lalu plus (+) lalu Underscore (_) lalu Enter dan seterusnya.. banyangkan jika sql query-nya lebih panjang lagi?
bisa 1/2 jam anda melakukan hal yang sama. sql query diatas memerlukan parameter/kondisi yaitu : kode cabang=TextCabang.Text, kode departemen=TextDepartemen.Text. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah membuat VIEW maupun STORED PROCEDURE di Database-nya, sehingga pemanggilan di program/coding akan sangat pendek. Contoh anda telah membuat view dan stored procedure :
1.VIEW
Dim v_sql As String
v_sql = "SELECT * FROM (SELECT * FROM VIEW_DATA) AS DJIESOFT WHERE kd_cab = '" + TxtCabang.Text + "' AND dept_id = '" + TxtDepartemen.Text + "'"
2.STORED PROCEDURE
Dim v_sql As String
v_sql = "EXEC SP_DATA '" + TxtCabang.Text + "','" + TxtDepartemen.Text + "'"

Selain dua cara tersebut, saya mempunyai cara yang simple yaitu Copy-Paste sql query yang panjang itu langsung ke sebuah textbox kosong dengan property .MultiLine=True , .Visible=False (agar tidak tampil di form) dan .Name=TxtSQL.Text. Jadi Anda tidak perlu membuat VIEW atau STORED PROCEDURE lagi.
Setelah itu saya ubah bagian yang ingin dijadikan parameter/kriteria dengan format string yang sudah saya jelaskan di-SINI. Untuk memasukan ke variable-nya pun sangat pendek/mudah, contoh :

Dim v_sql As String
v_sql = String.Format(TxtSQL.Text, TxtCabang.Text, TxtDepartemen.Text)

Semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat untuk anda dalam programming Visual basic.NET khusunya. Terimakasih

Tags:
tips mempercepat membuat coding vbnet, cara mudah memaut sintak di bent, tutorial vbnet, dasar dasar vbnet, solusi untuk sql query yang panjang, panduan mudah belajar sql vbnet ,solusi menulis sql query yang panjang pada coding vbnet
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar