Cara Membuat Generate Auto Number/No Urut/No Bukti SQLSERVER | DASAR PROGRAMER

Cara Membuat Generate Auto Number/No Urut/No Bukti SQLSERVER

Membuat NoUrut itu tidak harus di coding visual basic, tetapi anda juga dapat menggunakan fasilitas dari SQL Database. Saya berikan contoh Ms.SqlServer, anda sudah pernah dengan AutoIncrement ? itulah istilah di sqlserver jika di Ms.Access itu sama dengan type data AutoNumber. Bagiamana membuat field/column autoincrement di sqlserver? pertama, syaratnya cuma ada satu, type data nya harus SmallInt, Int atau BigInt, kemudian set property identity specification (is identity) = yes, kemudian tentukan Identity Increment = 1 (default) dan satu lagi Identity Seed = 1 (default), contohnya seperti gambar dibawah ini :
Tambahan :
Jika Identity Increment = 1 dan Seed = 1, hasilnya :
1 pandji
2 batista
3 dizi
Jika Identity Increment = 2 dan Seed = 1, hasilnya :
1 pandji
3 batista
5 dizi
Dan seterusnya..

Nah field/column AutoIncrement ini tidak harus diisi secara manual/coding/value karena akan terisi otomatis. Contoh sintak SQL :
INSERT INTO DJIESOFT_TABLE_TEST (NAME) VALUES ('PANDJI')
Jika anda menulis seperti ini :
INSERT INTO DJIESOFT_TABLE_TEST (NOURUT,NAME) VALUES (1,'PANDJI')
Maka itu akan error :
"An explicit value for the identity column in table 'DJIESOFT_TABLE_TEST' can only be specified when a column list is used and IDENTITY_INSERT is ON."

Tags:
cara generate autonumber, cara membuat nobukti bertambah, cara generate nobukti otomatis, cara membuat auto nourut, cara membuat custom nourut vbnet, generate auto increment sqlserver , cara membuat norutu berdasarkan tahun tangal bulan , cara membuat nourut berganti setiap tahun atau bulan, membuat no bukti pertanggal, membuat nourut transaksi vbnet sql, autoincrement di sqlserver, membuat autonumber sqlserver, identity field sqlserver
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar