Write/Read Setting .INI File Untuk Bahasa (Indonesia/English) Pada Aplikasi VBNET | DASAR PROGRAMER

Write/Read Setting .INI File Untuk Bahasa (Indonesia/English) Pada Aplikasi VBNET

Berikut ini adalah contoh untuk melalukan write dan read (tulis dan baca) data pada .INI file. Bagi yang belum tahu apa itu .INI file? yaitu file yang biasa digunakan sebagai data setting (boleh dikatakan database kecil dan anda dapat membuatnya dengan Notepad). Struktur .INI file terdiri dari : Section, Key dan Value, saya sudah membuat contoh setting bahasa seperti disamping ini.
Nah selajutnya pada aplikasi VBNET saya buat MENU untuk mengubah bahasa pada tombol tombol dan pesan (indonesia atau inggris), berikut ini screenshot-nya:
Fungsi fungsi untuk memanipulasi .INI file ini sudah dijadikan Class, sehingga anda akan lebih mudah dalam menggunakannya. Dari contoh yang saya buat ini, anda dapat mengembangkannya lagi baik itu membuat fungsi baru untuk loop apply setting secara dinamis dan sebagainya, selamat mencoba !
Download full source code

Tag:
IniFile Class using VB.NET, INI Reader / Writer Class for C#, VB.NET, and VBScript, Baca Tulis INI File Dari VB.Net,  Reading and Writing to .INI files, Read/Write to .ini files in vb.net, simpan hapus setting ini file vbnet, cara mengubah bahasa pada aplikasi vbnet
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di dasarprogrammer.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar